‘Benarkah 4 Makanan Ini Merbahaya? Jangan Percaya Pada Mitos Ini’ – Doktor Perubatan

infoje.com/

Sebisa mungkin hindari la 4 jenis makanan ini. Cari makanan alternatif lain macam roti (terutama roti serat), biskuit, dan lain-lain yang bukan makanan cepat. Sayangi diri kita, kalau dah sakit nanti lagi banyak duit yang kita hangus.

1. Mee Segera

Tahu tak kenapa mie segera bisa tahan lama dalam kondisi keras dan akan menjadi lembut ketika direndam dengan air panas? Ini disebabkan oleh kandungan wax (lilin) ​​dalam mie tersebut yang memungkinkannya tahan lama.

Katakanlah, hari ini Anda makan mie segera dan esoknya korang terasa nak makan mie segera lagi, jangan makan ok. Pastikan Anda makan 3 hari berikutnya karena wax mengambil waktu selama 3 hari untuk dicerna.

Bayangkanlah kalau Anda makan mie segera setiap hari, berapa banyak kandungan wax yang terkumpul dalam perut Anda. Dan ini sebenarnya dapat menyebabkan kanser.

Ulasan dokter perubatan:

Bahaya mie segera sebenarnya terletak pada tinggi garam dari perencahnya. Ini adalah diet yg tak seimbang kalau makan selalu. Ia tak menyebabkn kanker dan tidak ada kes ‘potong usus’ dilaporkan sehingga kini.

2. Sardin

Pengamatan pertama daripada kes pertama yang digunakan sebagai bahan bukti betapa buruknya praktik makan sardin adalah tumor fibroid di dalam rahim. Fibroid sebenarnya adalah sejenis kanser ‘jinak’ yang tidak menyebar ke bagian lain tubuh.

Sebenarnya berdasarkan pemerhatian- pengamatan lalu ini dapat dirumuskan seolah-olah di dalam tin sardin ada sejenis bahan kimia yang bersifat karsinogen (bahan kimia penyebab kanser). Bila sering dan sudah cukup tempohnya, ia akan menyebabkan tumor atau kanser samada ‘jinak’ atau ‘ganas’.

Ulasan dokter perubatan:

Sardin atau makanan dalam tin tidak menyebabkan fibroid dalam rahim wanita (tidak ada kes dilaporkan). Meskipun ada pendapat mengatakan relevansi makanan dalam tin termasuk sardin dengan kanser yang mana dikatakan makanan tersebut terdedah pada logam timbal (lead poisoning) dari tin.

The world health organisation s international agency for research on cancer (IARC) melaporkan ‘mungkin’ itu carcinogenic pada manusia. Laporan yang tidak konklusif. Namun begitu bahayanya adalah sebenarnya terletak pada kandungan garam (salt- sodium chloride) dan bisphenol A (BPA) yg tinggi sardin / makanan dalam tin. 

3. Minuman 3 in 1

Persatuan Pengguna Pulau Pinang (CAP) mendakwa seorang yang minum sebanyak 20 gelas 3 in 1 dalam waktu sebulan berpotensi untuk mengidap lebih dari 60 jenis penyakit kronis.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sejak 10 tahun lalu pada satu paket minuman cokelat 3 in 1 seberat 28 gram, ada 55,6% kandungan gula di dalamnya yang setara 3 sendok teh sedangkan kopi (20 gram) adalah sebesar 51,5% kandungan gula setara dengan dua sudu teh gula.

Besar kemungkinan jumah gula yang dimasukkan dalam paket itu kini ditambah sebanyak dua kali lipat selain krimmer.

Ulasan dokter perubatan:

Bahayanya sebab tinggi kandungan gula. Gula tinggi macam² la dpt penyakit dimulai dengan diabetes. Bukan hanya minuman 3 in 1 tapi semua yg manis². Kurangkn manis dalam minuman, lebihkan dalam senyuman

4. Panadol

Panadol adalah ubat yang beracun bagi tubuh manusia. Ini akan merusak organ hati dan Panadol akan tinggal di dalam tubuh manusia selama setidaknya 5 tahun. Panadol ni sebenarnya adalah sejenis “painkiller”, semakin banyak kita consumed, semakin lama semakin kurang efeknya pada tubuh kita.

Berarti kita butuhkan dosis yang lebih lagi bila ia kurang efektif Untuk wanita, mereka akan melalui pengalaman melahirkan. Bayangkan mereka yang terpaksa melahirkan secara bedah, obat tahan sakit yang diberi harus tinggi dosisnya.

Tapi kalau terlalu banyak mengambil Panadol atau Paracetamol sepanjang hidup dosis obat tahan sakit yang diberi tadi akan memberikan efek nol terhadap rasa sakit yang kita alami dan kita butuhkan obat yang lebih kuat lagi untuk mengurangi rasa sakit.

Ulasan dokter perubatan:

Panadol (parasetamol / acetaminophen) dikatakan beracun pada tubuh adalah TIDAK BENAR. Panadol bukan ubat beracun pada tubuh jika ikut dos yg benar seperti disarankan oleh doktor atau pengeluar panadol.

Dos yang direkomendasikan adalah:

1. Bak paracetamol 1g setara dengan 2 biji (500mg satu biji) setiap 6-8 jam sekali (maksimal 4g sehari) untuk orang dewasa.

2. Untuk kanak2 sirap paracetamol adalah 15mg per kg dalam 6-8 jam (3-4 kali) sehari

3. supositoria paracetamol yang dikenal ubat peluru (masuk rektum) 30mg per kg setiap 6 jam sekali (maksimum 5g sehari).

4. Paracetamol juga ada dalam bentuk intravenous (IV Perfalgan) diberikan 1g secara infus dalam waktu 15 menit (minimal tidak kurang dari 4 jam sekali: maksimum 4g sehari)

Paracetamol digunakan sebagai ubat demam (antipyretic) dan pembunuh rasa sakit (painkiller) yg paling aman dan sesuai digunakan oleh kanak2, ibu2 mengandung dan tengah menyusu dan juga orang tua.

Dos beracun panadol (overdos) pada hati sebenarnya adalah> 10g (20 biji) atau 200mg / kg. Yang ni memang skali nyawa kita jalan karena kerusakan hati. Hanya beberapa hal perlu berhati-hati jika Anda adalah G6PD deficiency (possible risk of hemolysis), pasien ginjal dan hati dan alergi pada paracetamol.

Panadol tinggal dlm tubuh selama 5 tahun adalah MITOS. Panadol hanyaberfungsi di dalam tubuh selama 4-6 jam saja kemudian ia akan dikeluarkan.

Saya hanya menjawab satu artikel seperti dibawah yang banyak disebarkan dan circulate di media sosial khususnya di WhatsApp. Ini akan membuat masyarakat jadi panik dan tidak mau makan obat.

Saya sendiri berpengalaman jumpa pesakit yang kata panadol bahaya dan tak ingin mengambilnya setelah diberikan. Datang sakit demam jadi susah kami para doktor nak merawat.

Semoga tulisan singkat saya memberi sedikit info yang bermanfaat untuk semua.

kredit link; infoje.com

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*